Categories
Uncategorized

Kursus SEO Cara Membuat Brand Toko Online Sendiri

Kursus Seo – Apakah Anda ingin memiliki brand toko online sendiri? Namun tidak paham bagaimana untuk memulainya? Jangan khawatir, disini Anda akan menyimak secara detail, bagaimana membuat toko online shop dengan mudah dan cepat. Simak dengan baik-baik ulasan kami berikut.

Menyiapkan Nama Toko Online

Nama toko itu sama artinya dengan merk dagang yang Anda miliki, jadi gunakan nama toko online terbaik yang siap Anda buat.  Nama toko Anda juga menjadi kunci pertama untuk membawa Anda berhasil nantinya. Untuk itu, siapakan nama toko dengan bentuk singkat dan relevan dari produk yang Anda jual.

Ketika Anda menentukan nama toko, harus melihat nama domain yang akan dipakai, Apakah masih tersedia atau sudah dimiliki orang lain. Ketika nama toko yang ingin Anda gunakan sudah digunakan oleh orang lain, maka anda harus menggunakan nama lain.

Tentukan Hosting untuk toko online Anda

Hosting juga penting untuk toko online yang ingin Anda kembangkan. Ketika Anda ingin membuat toko online, Anda perlu memahami bagaimana hosting  yang diperlukanPasalnya Karena hosting adalah faktor penentu dalam pengoperasian toko online nantinya. Apakah bisa cepat atau tidak, ketika ada banyak pelanggan. Berikut adalah spesifikasi utama untuk server hosting toko online secara umum:

  1. Prosesor CORE dan 1 GB RAM

Persyaratan hosting minimum yaitu 1 prosesor Core dan 1 GB RAM, ini menjadi spesifikasi yang digunakan untuk lalu lintas rendah hingga sedang.

Untuk lalu lintas frekuensi tinggi, 2 prosesor Core dan 2GB RAM. Atau Anda dapat menggunakan VPS Indonesia, tetapi bagi Anda yang belum menguasai server yang dikelola, tidak disarankan untuk digunakan.

  1. Ruang disk 2 GB

Ruang disk minimum untuk toko online adalah 2 GB, di bawah ini tidak disarankan. Pasalnya toko online akan menggunakan banyak ruang disk untuk menyimpan file gambar nantinya.

Anda harus memahami setiap produk yang ditampilkan di jendela toko online Anda, karena tidak mungkin hanya menampilkan satu gambar. Dimana harus ada beberapa gambar untuk mendukung gambar utamanya. Itu sebabnya ruang disk minimum untuk toko online adalah 2 GB.

  1. Menggunakan Penyimpanan SSD

Hosting yang Anda gunakan untuk toko online harus menggunakan penyimpanan SSD. Kenapa? ini dikarenakan hosting yang menggunakan SSD memiliki kinerja yang lebih tinggi ketika Anda bandingkan dengan hosting HDD. Sebaiknya sebelum membeli hosting, lihat dulu medianya, apakah SSD atau HDD.

  1. Inode Tanpa Batas

Inode yaitu jumlah file yang disimpan dalam akun hosting Anda yang direferensikan saat membuat toko online. Dimana nantinya akan menggunakan banyak gambar, jadi sebaiknya Anda menggunakan hosting untuk toko online yang memiliki fungsi inode tak terbatas.

Dengan karakteristik ini, harga rata-rata yang ditawarkan oleh beberapa penyedia hosting melebihi 100 ribu per bulan. Anda bisa mencari hosting kursus seo dengan fitur tinggi, tetapi dengan harga lebih rendah. Cukup 75 ribu, dan Anda akan mendapatkan hosting dengan 2 spesifikasi prosesor sentral, 2 GB RAM, 10 GB penyimpanan SSD dan jumlah Inode yang tidak terbatas.

Berkat spesifikasi ini, toko online Anda memiliki kinerja luar biasa. Ini adapat Anda lihat dalam hal kecepatan situs web, kinerja server minimal karena lalu lintas, dan ruang disk yang besar untuk menyimpan semua file Anda.

Menentukan penggunaan CMS toko online Anda

Jika Anda ingin membuat toko online, Anda harus menentukan CMS-nya. CMS adalah sistem manajemen konten dalam perangkat lunak yang memungkinkan Anda untuk menambah dan (mengubah) konten di situs web Anda nantinya.

CMS memungkinkan Anda mengelola toko online dengan mudah, jadi apa CMS toko online terbaik saat ini? kami berikan saran untuk menggunakan CMS WordPress, berikut adalah alasan mengapa Anda harus menggunakan ini untuk toko online Anda!!

  • Sumber gratis dan terbuka.
  • Mudah dimengerti dan dikelola, bahkan oleh orang biasa.
  • Banyak Tutorial WordPress yang tersebar di internet.
  • Memiliki dukungan hebat (tema, plugin, dan lainnya).
  • Mudah dioptimalkan.

Lantas bagaimana cara membangun toko online di WordPress?

Membuat toko online engan WordPress cukup sederhana, karena Anda tidak perlu memahami bahasa pemrograman tambahan. Disini ada banyak alat dan plugin yang siap membantu Anda membuat toko online dengan mudah.

Cara membuat toko online sendiri

  1. Instal WordPress Pertama

Instal CMS WordPress pada hosting Anda dengan menggunakan alat Softaculous.

  1. Kemudian masuk ke dasbor WordPress Anda

Di dalam dasbor WordPress Anda, masuk ke situs menggunakan URL namasitusanda.com/wp-admin dan gunakan nama pengguna yang sesuai ketika menginstal WordPress.

  1. Instal Plugin Woocommerce

Plugin Woocommerce adalah salah satu plugin untuk membangun toko online Anda. Caranya adalah dengan memilih menu plugin di WordPress >> Add New. Selanjutnya temukan plugin Woocommerce, segera instal dan aktifkan plugin woocommerce tersebut.

  1. Masuk ke pengaturan plugin Woocommerce

Setelah Anda melaukan instalasi dan aktivasi, Anda akan diarahkan ke halaman pengaturan plugin Woocommerce. Anda dapat langsung menginstalnya sesuai dengan toko online yang di inginkan sampai proses selesai.

  1. Jika telah selesai, Anda bisa unggah produk toko online

Anda dapat mengunggah produk Anda menggunakan plugin WooCommerce. Caranya adalah memilih menu Produk WordPress >> Tambah Baru (add new)

  1. Buat artikel / postingan produk

Jika Anda telah memasuki halaman publikasi produk, Anda dapat menambahkan nama produk, deskripsi produk, dan kategori harga jual produk Anda. Ingatlah untuk menambahkan gambar produk favorit Anda dan gambar galeri produk. Terakhir jangan lupa untuk mempostingnya.

  1. Lihat hasil posting produk Anda

Ketika ingin melihat tampilan produk, Anda bisa klik di menu lihat (view) pada bagian atas postingan. Anda juga dapat menggunakan cara namasitusanda.com/product/name-product.

Bagaimana sangat mudah bukan membuat toko online sendiri? Anda bisa mengikuti semua langkah diatas sekarang. Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *